twitter
googleplus
facebook

Mana yang lebih penting, pola makan atau aktivitas fisik?

Mana yang lebih penting

Saat berdiet, mengatur pola makan dan melakukan aktivitas dipercaya sebagai faktor penting untuk menurunkan berat badan. Namun ternyata salah satu faktor tersebut justru lebih penting daripada yang lain.

Menurut sebuah penelitian terbaru, pelaku diet yang menganggap bahwa mengatur pola makan lebih penting daripada aktivitas fisik cenderung memiliki indeks massa tubuh yang rendah. Hal ini berarti mengatur pola makan kemungkinan besar lebih memengaruhi penurunan berat badan daripada aktivitas fisik.

Sekitar 1.200 orang dari Amerika, Kanada, China, Prancis, dan Korea Selatan terlibat dalam penelitian ini. Hasilnya pun telah dilaporkan dalam jurnal Psychological Science.
"Keyakinan kita adalah refleksi dari perbuatan kita," papar penulis peneliti, Brent McRerran dari University of Michigan.

Maksudnya, ketika pelaku diet menganggap bahwa mengatur pola makan lebih penting, mereka akan berhati-hati saat mengonsumsi makanan. Sementara mereka yang berpendapat kalau aktivitas fisik lebih penting - meskipun olahraga memang berperan dalam menurunkan berat badan - pelaku diet cukup kesulitan dalam mengontrol nafsu makan.

Masalahnya adalah metabolisme tubuh setiap orang tentu berbeda. Jadi mengandalkan aktivitas fisik saja untuk menurunkan berat badan tidak cukup.
"Mungkin pelaku diet yang malas berolahraga tidak harus pergi ke pusat kebugaran. Mereka hanya perlu lebih aktif bergerak saja," demikian saran McFerran, seperti yang dikutip dari ABC News.
  • Title : Mana yang lebih penting, pola makan atau aktivitas fisik?
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.

  • close

     

    Recent Post

    Status

    Free Page Rank Tool
    SEO Reports for coretanjelekazuro.blogspot.com