twitter
googleplus
facebook

Agar Energi Cukup Hingga Siang, Jangan Hanya Konsumsi Buah di Pagi Hari

makan buah yuk

Kurangnya waktu memang sering menjadi alasan utama mengapa orang mengambil langkah praktis saat sarapan. Meskipun menyadari pentingnya sarapan, namun banyak orang cenderung jarang mengonsumsi sarapan yang sehat. Sebagian besar bahkan bergantung pada buah-buahan untuk sarapan. Yakinkah Anda nutrisi di dalam buah cukup untuk menggantikan sarapan?

"Pada dasarnya, konsumsi buah-buahan untuk sarapan tidak memberikan tubuh seluruh vitamin dan mineral yang dibutuhkan sampai siang nanti," ujar Eileen Canday, Kepala Ahli Diet di Breach Candy Hospital, seperti dikutip dari Times of India, Senin (12/8/2013).

Sarapan lengkap tak hanya sekadar memenuhi kebutuhan vitamin C, tetapi juga nutrisi lain seperti kalsium, serat, dan protein. Mencukupi seluruh asupan nutrisi ini akan lebih mempersiapkan tubuh Anda untuk menjalani seluruh aktivitas dan kegiatan di hari itu. Sepotong buah saja untuk sarapan tak akan memenuhi hal tersebut. Cobalah gabungkan buah untuk sarapan dengan makanan tinggi serat seperti oatmeal dan gandum, maka Anda akan tetap kenyang lebih lama.

Perlu diketahui, jika Anda menambahkan lebih banyak serat untuk sarapan, maka rasa lapar akan semakin bisa ditunda saat menjelang siang. Saat mengonsumsi makanan serat tinggi dengan buah, maka Anda akan mendapatkan sarapan lengkap dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, alasan utama mengapa makan buah saja tak memenuhi kebutuhan nutrisi Anda saat sarapan adalah karena ini berarti Anda tidak mengonsumsi kalori atau protein yang cukup. Sarapan merupakan aktivitas yang paling penting di pagi hari.

Dengan mengonsumsi lebih banyak kalori di pagi hari, Anda akan lebih mampu untuk beraktivitas sepanjang hari. Ini tentu merupakan pilihan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi kalori banyak di malam hari.

Selain kalori, protein juga sangat penting untuk menjaga tubuh kenyang lebih lama. Sarapan yang tidak memiliki cukup protein akan membuat Anda merasa sangat lapar pada siang hari dan bahkan sebelumnya. Jadi, lebih baik simpan buah-buahan sebagai camilan di tengah hari atau di antara waktu makan. Tapi hindari mengonsumsinya sebagai pengganti sarapan.

Sediakan waktu setidaknya 5-10 menit untuk menyiapkan sarapan yang seimbang dan sehat bergizi, agar Anda memiliki cukup energi hingga siang hari. Selain sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, kebiasaan ini juga baik untuk menjaga kestabilan berat badan.
  • Title : Agar Energi Cukup Hingga Siang, Jangan Hanya Konsumsi Buah di Pagi Hari
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.

  • close

     

    Recent Post

    Status

    Free Page Rank Tool
    SEO Reports for coretanjelekazuro.blogspot.com